Rencana merumahkan ratusan karyawan Air Asia ramai di perbincangkan warganet asal Malaysia

Belakangan ini maskapai peerbangan Air Asia ramai diperbincangkan warganet di sosial media Twitter karena adanya rencana merumahkan ratusan karyawan akibat pandemi COVID-19, issue ini sebagian besar di perbincangkan di kana Twitter oleh warganet asal malaysia. 


Perbincangan ini turut diramaikan oleh akun sosial media berita Indonesia seperti @detikcom, @kompascom, @okezonenews dan @tempodotco yang notabene diikuti oleh banyak warganet. 


Jumlah stream dalam periode ini mencapai 10 ribu mention. Sebagian besar stream percakapan berasal dari sosial media Twitter (87,8%). Lalu percakapan bersentimen netral pada periode ini lebih mendominasi keseluruhan percakapan dengan total 9.668 mentions. Jumlah percakapan bersentimen positif (372 mentions) lebih besar dibanding dengan percakapan bersentimen negatif (180 mentions).


Puncak percakapan terjadi pada tanggal 28 September (2.066 mentions) dan sebagian besar berasal dari Twitter. Puncak percakapan terjadi karena banyaknya warganet yang membahas tentang AirAsia di Malaysia yang diberitakan akan melakukan pengurangan pekerja hingga ratusan orang. AirAsia di Malaysia juga banyak dibicarakan soal mekanisme pengurangan pekerja yang diharuskan dengan cara per-gelombang atau per periode.


Jumlah reach tertinggi terjadi tanggal 29 September 2020 dengan 51,2 juta pengguna sosial media, dari total 958 mentions. Sedangkan puncak percakapan terjadi pada tanggal 28 September sebesar 2 ribu percakapan namun hanya mendapat potential reach sebesar 17 juta pengguna.


Potential reach yang tinggi berasal dari percakapan dengan pengguna sosial media yang memiliki jumlah followers yang besar. Pada periode ini media berita seperti @detikcom dan @kompascom pada tanggal 29 September masing-masing memberitakan tentang AirAsia yang akan merumahkan karyawannya.


Beberapa tagar dan kata yang paling banyak disebutkan oleh warganet pada percakapan tentang maskapai penerbangan pada periode 1 – 30 September diantaranya adalah: #awaninews (1.584 mentions), #icymi (108 mentions), dan #airasio (76 mentions). Sedangkan kata yang paling banyak disebut adalah: ”airasia”, “buang”, “pekerja”, “ratusan”, dan “berita”.


Sebagian besar tagar dan kata yang paling banyak disebut mengenai pemberitaan tentang AirAsia di Malaysia yang akan melakukan pengurangan pekerja akibat Covid-19.

Request Demo

Copyright © 2017 Ripple10 Part of Ivosights