Emotional Analysis PSBB di Sosial Media

Beberapa hari lalu banyak warganet memperbincangkan PSBB di media sosial, keputusan yang diambil oleh Gubernur DKI Jakarta mengenai PSBB ditanggapi pro dan kontra oleh warganet, hal ini diambil karena angka pasien yang terdampak terus meningkat. 


Banyak sekali informasi  yang dapat kita ambil dari percakapan warganet mengenai PSBB, untuk itu Ivosights dengan Ripple10 mencoba menarik data percakapan warganet di sosial media. 


Selama periode 1-14 September 2020 terdapat 246.137 percakapan mengenai PSBB di seluruh channel sosial media yang terdapat di Ripple10. Jika dilihat dari keyword yang dipakai warganet, mention didominasi oleh keyword  trust (percaya, yakin, mengakui dll).


“Hasil rapat dengan Bodebek, semua menyepakati mendukung penuh PSBB ketat di DKI. Bodebek akan melakukan pengetatan di zona merah covid, panembahan rasio RS. Semua dampak sosial ekonomi PSBB DKI di Bodebek akan dimitigasi secara terukur. Intinya, semua kompak satu suara dukung DKI” salah satu cuitan yang menunjukan trust  dengan keyword dukung dari akun @ridwankamil   


“Dan Satgas, Bang Doni Monardo sdh jelaskan alasan PSBB di DKI. Jika RS sdh mulai kewalahan, kenapa Airlangga, Menko Perekonomian sbg Ketua tdk segera ambil langkah yg cepat beri alternatif u isolasi mandiri bagi warga yg difasilitasi Pemerintah? Bukan berbantahan di ruang publik.” cuitan dari @isari68. 


Puncak percakapan terjadi pada tanggal 11 September 2020, 2 hari setelah Gubernur DKI Jakarta menyampaikan, “kalo terpaksa harus Maka dengan melihat kedaruratan ini maka tidak ada banyak pilihan bagi Jakarta kecuali menarik rem darurat sesegera mungkin”, dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (9/9/2020). 


Salah satu cuitan yang menyebabkan lonjakan percakapan, “ Menurut Nyai ada Skenario Jahat di balik PSBB TOTAL Di DKI Anies sengaja membuat PSBB TOTAL agar perekonomian Indonesia Lumpuh dan masuk kedalam Jurang Resesi yg paling buruk terjadinya Krisis ekonomi.Tujuan mereka hanya satu Menjatuhkan Presiden Jokowi kita tau siapa dalangnya” - @DTanjung15, cuitan ini mendapatkan 749 komentar, 814 retweet dan 2,1k like. 


Dari 246.137 total percakapan Twitter menyumbangkan 148.888 percakapan, Instagram 73.524 percakapan, Youtube 13.524, News 6.732 dan Blogs 3.485. 








  


Request Demo

Copyright © 2017 Ripple10 Part of Ivosights